Minggu, 11 Januari 2009

P T K

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)UNTUK GURU, DAN KEPALA SEKOLAHPERSYARATAN PENELITIAN OLEH GURU• HARUS TERLIHAT UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN• HARUS MENGENAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU SISWA, jadi SUBJEKNYA HARUS SISWA• HARUS DILAKUKAN SENDIRI, BUKAN MINTA BANTUAN ORANG / PIHAK LAINALUR PENALARAN DALAM KARYA ILMIAHMASALAH ---------------------------- TUJUANTEORI PEMBAHASANIDE / GAGASAN SENDIRIKESIMPULAN --------- DILAKSANAKANMELALUI PENE-LITIAN TINDAKANPRINSIP PERENCANAAN- S = Specific, khusus, tertentu- M = Managable, dapat dilaksanakan- A = Acceptable, dapat diterima- R = Realistic, terdukung sumber daya- T = Time-bound, ada batasan waktuHAL-HAL PENTING DALAM ALUR PENALARAN1. Masalah: sebagai alasan ada bukti data / fakta lapangan; akan lebih jelas apabila dilengkapi tabel atau bagan.2. Tujuan: target secara spefisifk yang ingin dicapai melalui penulisan ini.3. Teori: sekurang-kurangnya 5 (lima) sumber;* bukan pedoman / acuan / ketentuan dari SK* bukan kamus tetapi - konsep (pengertian)- prinsip (hubungan sebab-akibat)* dipilih terbitan mutakhir* tertera dalam daftar pustaka* nama orang ditulis tanpa gelar; orang Indonesia namanya tidak dibalik (?)4. Pembahasan: menghubungkan antara teori dengan masalah ---- menerapkan teori untuk memecahkan masalah, tetapi mungkin dapat didukung data untuk masalah yang akan dipecahkan.5. Ide atau gagasan asli penulis:a. bukan kutipan dari teorib. bukan ide yang terlalu umum/sudah banyak dikenaltetapiIde / gagasan cemerlang, khusus dari penulisa. Ikuti rumus Smart b. Untuk meyakinkan, berikan gambaran tentang kondisidan situasi kelas yang masalahnya akan dipecahkan.IDE /GAGASAN DAN SIMPULAN1. TIDAK DILAKSANAKAN ---- menjadi KARYA TULIS TINJAUAN2. DILAKSANAKAN ---- menjadi PENELITIAN TINDAKAN PENELITIAN TINDAKAN:- MERUPAKAN KEGIATAN TINDAKAN PERBAIKAN - DIGARAP SECARA SISTEMIK UNTUK MENINGKATKAN YANG SUDAH ADA- BUKAN berpijak TEORITIK TETAPI PADA KONDISI lapanganMODEL PENELITIAN TINDAKAN KELASRefleksiRefleksiPelaksanaanPengamatanPerencanaanPelaksanaanPengamatanPerencanaanSIKLUS ISIKLUS II?CIRI-CIRI PENELITIAN TINDAKAN1. MERUPAKAN KEGIATAN NYATA, HASIL PEMIKIRAN YANG DIRANCANG GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU KBM2. MERUPAKAN TINDAKAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU KEPADA SISWA3. TINDAKAN HARUS TAMPAK NYATA BERBEDA DARI BIASANYA – HARUS TIDAK SEPERTI BIASANYA4. TERJADI DALAM SIKLUS SEPERTI EKSPERIMEN, TETAPI BERKESINAMBUNGAN; MINIMUM DUA SIKLUS5. HARUS ADA PEDOMAN YANG JELAS SECARA TERTULIS, DIBERIKAN KEPADA SISWA AGAR DAPAT MENGIKUTI TAHAP DEMI TAHAP.6. TERLIHAT ADANYA UNJUK KERJA SISWA SESUAI PEDOMAN TERTULIS YANG DIBERIKAN OLEH GURU7. ADA PENELUSURAN TERHADAP PROSES, DENGAN PEDOMAN PENGAMATAN YANG SUDAH DISIAPKAN8. ADA EVALUASI TERHADAP HASIL DENGAN INSTRUMEN YANG RELEVAN9. KEBERHASILAN TINDAKAN DILAKUKAN DALAM BENTUK REFLEKSI, DAPAT MELIBATKAN SISWA YANG DIKENAI TINDAKAN10. HASIL REFLEKSI HARUS TERLIHAT DALAM PERENCANAAN SIKLUS BERIKUTNYAPENELITIAN TINDAKAN1. BUKAN TINDAKAN UNTUK MATERI TETAPI MENCOBAKAN CARA, PENDEKATAN ATAU METODE2. UTAMAKAN PADA PROSES TINDAK DAN HASIL AKHIR. KESALAHAN UMUM APA YANG BANYAK DILAKUKAN GURU?1. HANYA PEMBELAJARAN BIASAPENJELASAN:GURU MERASA SUDAH MELAKUKAN PENINGKATAN, PADAHAL SEBETULNYA BARU MERUPAKAN HAL YANG BIASA / HARUS DILAKUKAN, TETAPI SELAMA INI GURU BELUM MELAKUKAN (???) CONTOH:1. MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA2. MENGGUNAKAN ALAT PELAJARAN3. MENGEVALUASI ASPEK AFEKTIF 4. MENGANALISIS PORTOFOLIO5. MENGANALISIS HASIL ULANGAN2. PENELITIAN TINDAKAN BUKAN EKSPERIMEN KOMPARASIAPA MAKSUDNYA?LETAK TITIK-TITIK KRUSIAL1. PADA PERENCANAAN SIKLUS KE-1a. ikuti rumus SMARTb. baru rencana siklus ke-1 sajac. ada pedoman tertulis2. PADA PELAKSANAANa. dijelaskan langkah-langkahnyab. utamakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa.3. PENGAMATAN:a. dijelaskan, apa yang dilakukanb. kapan – berapa lamac. instrumennya apa4. REFLEKSIa. siswa dilibatkanb. pendapat digali dengan apa?c. ada kesimpulanCONTOH JUDUL PTK• PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA• PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH• MENINGKATKAN MINAT SISWA MELALUI PORTOFOLIO• MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW• LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJARPenelitian Tindakan Kelas- Penelitian tindakan khusus- Dilakukan tindakan berikutnya- Agar didapat informasi yang mantap thd dampak tindakan- Dicermati proses dan akibat tindakanPRINSIP PTK1. Tidak menganggu komitmen guru sebgai pengajar2. Pengumpulan data tidak menuntut waktu berlebihan sehingga menganggu PBM.3. Metodologi yang digunakan taat azas PTK.4. Masalahnya muncul dari pengajar yang paling merisaukan.5. Konsisten dan peduli terhadap prosedur dgn tugas6. Tidak mengenal kelompok eksperimen dan kontrolPTK TINDAKAN KELASDilakukan GURUMeningkatkanPraktekPembelajarannya(1) Rencana(2) Tindakan(4) Refleksi Evaluasi(3) pengamatan, Analisis HasilKARAKTERISTIK PTKPermasalahan praktis di klasKolaborasi sesama penelitiAda upaya perbaikan/peningkatanEfektivitas metode/teknik/prosesTidak untuk digeneralisasikanTidak perlu populasi dan sampelLangkah PTKIdentifikasi dan analisis masalah (apa, mengapa, bagaimana?)Merumuskan Masalah hub.variabelnya jelasdan dpt diuji.Merumuskan tindakan (altenatif, pilih, cara pengujiannya)Melaksanakan Tindakan (rencana, lakukan, amati hasil)Melakukan Refleksi (analisis, tarikkesimpulan untuk tindakan berikutnya…)Menyusun Usulan PenelitianKegiatan awal membuat KTIJudul Penelitian PTA. Pendahuluan1. Latar belak masalah,2. Rumusan masalah,3. Tujuan4. Manfaat5. Cara pemechmasalahB Landasan teori/PustakaC. Metode Penelitian/ Prosedur penelitianFORMAT USULAN PTKPENDAHULUANn LATAR BELAKANG MASALAH, KONDISI NYATA DI KELASn RUMUSAN MASALAHn TUJUAN PENELITIANn MANFAAT PENELITIANn CARA PEMECAHAN MASALAHCONTOH JUDUL PTK:MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN IPS MELALUI DISKUSI PARTISIPATIF PADA SISWA KLAS II SMPRUMUSAN MASALAH:= APAKAH DISKUSI DAPAT MENDORONG SISWA BELAJAR LEBIH BERSEMANGAT= APAKH SISWA BERPIKIR KERAS DALAM BICARA WAKTU MENDAPAT GILIRAN= APAKH SISWA DAPAT MENGUASAI MATERI DGN BAIK SETELAH MENGIKUTI METODE DISKUSI PARTISIPATIF= BAGAIMANA PERKEMBANGAN MINAT SISWA TERHADAP METODE DISKUSI PATISIPATIFPENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI:n SEMANGAT SISWA MENGIKUTI PELAJARAN IPSn SEBERAPA BESAR KESUNGGUHAN SISWA BERPIKIR WAKTU MENDAPAT GILIRANn PENINGKATAN HAIL PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJ.IPSn TINGKAT MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN IPSKAJIAN PUSTAKAn KEMUKAKAN TEORI YG BERKAITAN DGN MASALAH YANG DITELITI (motivasi belajar & diskusi partisip)n TUNJUKAN ADANYA HUBUNGAN ANTARA masalah DAN tindakan YG akan DILAKUKANn BUKAN HANYA PENJELASAN TTG PENGERTIAN TENTANG TEORI SAJAn DIAKHIRI DGN HIPOTESIS TINDAKNMETODE PENELITIANn KEMUKAKAN SETTING PENELITIANn JUMLAH SIKLUS dan URAIKAN TAHAP PADA SETIAP SIKLUS (PERENCANAAN, PELAKSANAAN, OBSERVASI, DAN REFLEKSINYA)n KEMUKAKAN TINDAKAN YG DILAKU- KAN GURU DAN APA SISWANYAn INSTRUMEN YANG DIGUNAKANHIPOTESIS PTKn MAKNA : TINDAKAN DILAKSANAKAN UNTUK PEMECAHAN MASALAHSEBAGAI UPAYA ADANYA PERUBAHAN/PERBAIKANn BENTUK : TINDAKAN DILAKSNK DAMPAK PERBAIKANn CONTOH : JIKA KEGIATAN DISKUSI PARTISIPATIF DIOPTIMALKAN, MAKA MINAT BELAJAR SISWA AKAN MENINGKAT SECARA MEYAKINKAN. KELEMAHAN UMUMn JUDUL TIDAK MENGGAMBARKAN PTKn CARA PEMECAHAN MASALAH TIDAK JELASn EKSPERIMEN/UJI COBA DILAKUKANn KEGIATAN TIAP SIKLUS TIDAK TERGAMBAR TAHAPANNYA.n WAKTU PENELITIAN TIDAK SESUAIMENYUSUN LAPORANn BAGIAN DALAM LAPORAN :A. BAGIAN AWAL BERISI:= HALAMAN JUDUL= HALAMAN PENGESAHAN= KATA PENGANTAR= DAFTAR ISI= DAFTAR LAMPIRANB. BAGIAN INTI BERISI:BAB I : PENDAHULUANBAB II : KAJIAN TEORI & PUSTAKABAB III: METODE PENELITIANBAB IV: HASIL DAN PEMBAHSANBAB V : SIMPULAN DAN SARAN C. BAGIAN PENUNJANGn DAFTAR PUSTAKAn LAMPIRAN – LAMPIRAN:PROGRAM PEMBELAJARANINSTRUMEN PENELITIANHASIL KERJA SISWA (SAMPEL)DAFTAR HADIR SISWAFOTO KEGIATANINDIKATOR YANG DIPERLUKANPADA LAPORAN PTKn ABSTRAK (MAKS. 200 KATA)n PENDAHULUAN LATAR BELAKANG: MASALAH NYATA RUMUSAN MASALAH: SPESIFIK, ADA TUJUAN DAN MANFAATn KAJIAN PUSTAKA: MEMUAT KAJIAN TEORI MEMUAT TEMUAN HASIL PENELITIAN KERANGKA BERPIKIR ARGUMENT n METODOLOGI KEJELASAN TINDAKAN YANG DILAKUKAN SERTA TAHAPAN PADA SETIAP SIKLUS TEKNIK PENGAMBILAN DATA DENGAN INSTRUMEN RELEVANn HASIL DAN PEMBAHASAN GAMBARAN UMUM KONDISI KLAS, TEMUAN DARI SIKLUS KE SIKLUS DGN GAMBARAN ASPEK-ASPEK PERUBAHAN· KEMUKAKAN PERUBAHAN YANG TERJADI SELAMA PROSES TINDAKAN BERLANGSUNG. (KEDISIPLINAN SISWA, KONDISI KELAS, KEBERANIAN SISWA MENGAJUKAN PENDAPAT, PRESTASI SISWA DSB)· PEMBAHASAN (RANGKUMAN DARI SELURUH SIKLUS) AKAN LEBIH BAIK DIBANTU TABEL/GRAFIK.n SIMPULAN DAN SARAN · SIMPULAN URAIAN TEMUAN POKOK HASIL · SARAN YANG SESUAI DGN TEMUANn DAFTAR PUSTAKA PENULISAN SESUAI DGN RUJUKAN YANG DIGUNAKAN DAN PENULIAN SESUAIKAN ATURANn LAMPIRAN DOKUMEN YANG DIGUNAKAN DAN DIANGGAP PENTINGBagian ISI Laporan:1. PENDAHULUAN:· Latar belakang masalah (kemukakan secara jelas disertai data faktual yang dijumpai di klas).· Kemukakan penting nya masalah tersebut dipecahkan.· Rumuskan masalahnya secara jelas· Tujuan penelitian kemukakan secara tuntas sesuai dengan masalahnya.· Manfaat penelitian· Kemukakan secara jelas bagaimana cara pemecahan masalah yang akan dilakukn2. Kajian Teori· Jabarkan teori, konsep, atau hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan variabel-variabel penelitian yang dipermasalahkan.· GUNAKAN kajian tersebut untuk menjelaskan bahwa tindakan itu dapat mengatasi masalah.· Uraikan variabel bebas secara rinci, termasuk bagaimana cara pelaksanaan tindakan atau action yang akan dilakukan.· Kemukakan secara jelas variabel tindakan · dan masalah yg dipecahkan serta kemungkinan hipotesis atas tindakan tersebut.3. Metode Penelitian· Jabarkan rancangan penelitiannya, berapa siklus, uraikan tahapan tiap siklus, intrumen, termasuk memvalidasi· Perlu diingat tahapan tiap siklus {ren cana, tindakan, observasi, refleksi}· Jelaskan tindakan di tiap siklus, langkah dan hasil evaluasi-refleksi, uraian tindakan selanjutnya, dan indikator keberhasilannyaBAB IV. LAPORAN PENELITIANGAMBARAN SUBYEK PENELITIANDISKRIPSI DATAKEMUKAKAN DATA HASIL PENELITIAN YANG MELIPUTI KONDISI KELAS, AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TIAP SIKLUSC. PEMBAHASANRANGKUM TIAP ASPEK DALAM SATU TABEL DAN DIBAHAS4. HASIL PENELITIANn Paparkan kondisi lapangan yg diperoleh.n Diskripsikan semua data yang didapat di tiap siklus, dan sajikan dalam tabel.n Analisis data yg sesuai, sajikan hasilnyan Rangkum analisis semua siklus tiap apek dlm satu tabel sehingga menjawab hipotesis serta masalahnya.n Pada PTK diskripsikan data perubahan pada tiap siklus serta simpulkan untuk semua siklus yang dicapai.5. SIMPULAN DAN SARANTulis simpulan-simpulan hasil penelitian yang didapat, urutkan sesuai dengan rumusan masalah.Berdasarkan hasil penelitian, tulis saran-saran yang diperlukan (bagaimana sarannya kepada siapa dengan didasarkan pada simpulan yang diperoleh)BAGIAN PENUNJANG:DAFTAR PUSTAKAn LAMPIRAN:- PROGRAM PEMBELAJARAN- INSTRUMEN PENELIT.- SAMPLE HASIL LB. KERJA SISWA- FOTO KEGIATAN- DAFTAR HADIR SISWACONTOH JUDUL PTKn PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BER BASIS KERJA ILMIAH MENGGUNAKAN LOCAL MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAn MODEL PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASARn MENINGKATKAN MOTIVASI RUTINITAS SHOLAT MELALUI METODE PEMAKNAAN BACAAN SHO- LAT PADA SISWA KLS 1 SMP 2 PANTI JEMBERn MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJA- RAN KOOPERATIF METODE JIUGSAW (STUDI DI SMP 4 PURWOKERTO)n MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMA TIKA MELALUI MODEL KONSTRUKTIVITAS PADA SISWA KLS V SD 30 KENDARI.n MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASKES MELALUI PENDE- KATAN PERMAINAN DI SMPN 19 PALEMBANG.materi kuliah PTKTERIMA KASIH ANDA TELAH MENGUASAI MATERI INIn SEMOGA MENUMBUHKAN SEMANGAT DALAM MEMACU PROFESI ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar